Face App | Aplikasi Edit Wajah Yang Dapat Membuat Wajahmu Tua

Tidak terhitung lagi mungkin banyaknya aplikasi edit wajah yang tersebar di Google Playstore, mulai dari yang berfungsi untuk membuat wajah sobat semakin ganteng/cantik, membuat wajah tambah lucu dan yang sedang hangat - hangatnya sekarang adalah aplikasi yang dapat memberikan visualisasi wajah sobat ketika sudah tua, masih kecil dan bahkan berlawanan dari jenis kelamin sobat. Aplikasi yang saya maksudkan ini adalah Face App.

apa itu face app

Apa itu aplikasi Face App?

Mungkin banyak dari sobat yang belum menyadari ketenaran aplikasi ini. Untuk sobat yang sering scrolling Instagram mungkin sudah pernah melihat satu foto atau mungkin lebih yang menunjukkan seseorang dengan tampilan tua, muda atau bahkan jika dia perempuan tampilannya jadi berubah seperti laki - laki, yap benar sekali. Foto tersebut dibuat dengan menggunakan aplikasi yang bernama Face App. 

Apa Itu Snapchat dan Cara Menggunakan Snapchat

Face App adalah sebuah aplikasi edit foto yang dikembangkan oleh Wireless Lab yang berasal dari Russia sob. Aplikasi ini memanfaatkan kecerdasan buatan atau bahasa Inggrisnya adalah Artificial Intelligence dalam merubah tampilan umur pada foto yang diedit sob. 

Aplikasi ini sangat populer sehingga sudah diunduh lebih dari 10 juta pengunduh dari seluruh dunia sob. Kapasitas dari aplikasi ini juga lumayan besar sekitar 48MB.

Cara menggunakan Face App

Sebelum memulai untuk menggunakan aplikasi ini pastikan dulu memori yang tersedia pada smartphone sobat mencukupi karena ukuran file aplikasi ini sekitar 48MB. Untuk memulai menggunakan aplikasi ini sobat tidak perlu repot untuk registrasi ataupun login, tinggal tap and play sob, mudah dan simple.

Tampilan awal aplikasi ini ketika sobat membukanya adalah seperti gambar dibawah sob. Terdapat tampilan yang dapat membantu sobat untuk mengatur posisi wajah sobat dengan baik dan tepat. Perlu diingat jika wajah tidak pas berada didalam guide line tersebut maka foto tidak dapat diambil sob. 
aplikasi face app
Tampilan Awal Face App
Jika diperhatikan terdapat satu tombol pada bagian atas aplikasi ini, tombol tersebut adalah setting sob. Ada beberapa hal yang bisa sobat atur pada menu tersebut, untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.
cara menggunakan face app
Menu Pengaturan
Untuk mengambil foto cukup tekan tombol bulat besar pada bagian bawah sob. Ketika foto sudah diambil maka sistem akan memproses foto selama beberapa detik dan sobat harus menunggunya.
trik menggunakan face app
Proses Pengambilan Foto
Setelah itu sobat bisa melihat beberapa ikon pada bagian bawah yang bisa sobat sentuh untuk melihat perubahan foto sobat sesuai dengan ikon yang sobat pilih. Ada beberapa ikon yang sobat bisa pilih yaitu Original, smile 2 (dapat membuat wajah pada foto tersenyum meskipun sedang tidak), smile, spark (membuat wajah lebih putih dan glowing), old (membuat wajah tua), young (membuat wajah jadi seperti anak kecil), female (membuat wajah seperti wanita), male (membuat wajah seperti pria).
Tidak ketinggalan juga ada pilihan foto collage untuk menggabungkan semua foto tersebut tadi diatas.
apa itu face app
Pilihan Edit Face App
Setelah selesai sobat bisa langsung share foto sobat melalui media sosial Instagram, Facebook, Twitter atau bahkan hanya sekedar menyimpan pada memori smartphone.

Hasil foto editan Face App

Setelah melihat beberapa hasil foto yang diedit menggunakan aplikasi Face App di Instagram, saya melihat hasilnya sangat baik sob, tidak terlihat sama sekali jika itu foto hasil editan. Hasil foto sangat halus dan meyakinkan. Tetapi setelah saya coba menggunakan kamera smartphone saya yang kualitasnya dan juga kualitas pencahayaan kurang baik, maka hasilnya juga tidak maksimal sob.

Trik edit foto dengan Face App

Untuk mendapatkan hasil edit foto yang halus dan meyakinkan pada aplikasi Face App, ada beberapa trik yang sobat harus perhatikan dan lakukan yaitu:
  • Usahakan foto menghadap kedepan dengan sudut yang juga tidak terlalu keatas maupun kebawah. Buat foto seperti pas foto gitu sob. Hal ini agar sistem dapat bekerja dengan mudah dan hasil foto lebih halus sob.
  • Walaupun aplikasi ini dijalankan dengan kecerdasan buatan tetap saja hasilnya tidak sempurna jika sobat menggunakan kamera dengan kualitas yang buruk. Pastikan kualitas kamera smartphone sobat baik, kalau tidak bisa sobat bisa mensiasatinya dengan pencahayaan yang baik. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mengambil foto diluar ruangan atau pada ruangan dengan cahaya lampu yang terang.
  • Trik foto Face App yang terakhir adalah jangan terlalu serius sob, aplikasi ini dibuat hanya untuk fun saja tidak lebih. 
Untuk sobat yang ingin mencoba aplikasi ini bisa langsung download melalui Google Playstore sob.


Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat semua, silahkan follow atau share artikel ini kepada sobat yang lain, terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »