Tugas web desainer, web developer dan web master

Tugas web desainer, web developer dan web master - Secara umum web desainer, web developer, dan juga web master adalah orang yang berada dibalik terciptanya website - website yang selama ini kita kunjungi di dunia maya. Tetapi terdapat perbedaan besar dalam tugas web desainer, web developer dan juga web master.

tugas web desainer, web developer dan web master
Picture by wonderfulengineering.com

1. Web desainer

Secara harfiah kita sudah dapat mengartikan web desainer adalah orang yang mendesain tampilan dari pada website. Web desainer bekerja dengan mengedepankan unsur visual atau sesuatu yang dapat dilihat dari suatu website. Website yang indah sedap dipandang mata dan dengan tata letak yang tidak membingungkan pengunjung website adalah hasil akhir yang menjadi tanggung jawab seorang web desainer. Html, css, jquery dan juga kemampuan untuk memanipulasi objek berupa gambar maupun video adalah mutlak menjadi kemampuan seorang web desainer. Hal lain yang juga harus dimengerti oleh web desainer adalah masalah usability atau kegunaaan, standar W3C untuk HTML dan CSS serta kompabilitas tampilan pada browser yang berbeda, bahkan yang terbaru web desainer harus mengerti masalah tampilan website yang harus bisa dibuka di setiap perangkat yang memiliki ukuran layar berbeda atau biasa disebut desain web responsif atau responsive web design (RWD).

2. Web developer

Web developer bertugas untuk menciptakan aplikasi berbasis website. Php, javascript, mysql, Net ataupun python sudah menjadi makanan sehari - hari oleh web developer. Pada prakteknya, web developer membuat berbagai hal bisa “terjadi” pada sebuah website. Peran web developer adalah sebagai penghubung dari semua sumber daya yang nantinya digunakan pada sebuah website, yang meliputi penggunaan database, membuat halaman yang bisa dinamis, sampai mengatur cara pengunjung berinteraksi dengan elemen yang ada di website yang dibuatnya. Aspek visual bukanlah hal yang penting bagi web developer, walaupun seorang web developer menguasai html dan css tetapi mendesain sebuah website memerlukan kreativitas dan juga jiwa seni. Sebaliknya seorang web developer dituntut untuk memiliki logika programming yang baik dan juga pemecahan masalah yang baik.

3. Web master

Web master adalah gabungan dari kedua pekerjaan diatas. Seorang web master memiliki kemampuan keduanya yang seimbang. Lebih dari itu web master juga bertanggung jawab pada SEO suatu website dan juga keamanan website itu sendiri, memelihara dan menjaga website agar tidak down juga salah satu dari banyak tugas yang dapat dikerjakan seorang web master. Dalam skala kelompok web master berperan sebagai ketua projek atau manajer tim yang mengatur alur projek dan pembuatan aplikasi berbasis website.

Pada dasarnya tugas web desainer, web developer dan web master adalah penting dan memiliki keahliannya masing - masing, karena sebuah website adalah projek besar yang dikerjakan oleh orang - orang hebat dibelakangnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »