Tutorial Dasar Jquery

tutorial dasar jquery

Tutorial Dasar Jquery - Jquery adalah library javascript yang dikembangkan oleh tim developer yang dipimpin oleh dave metvin dan telah dipakai oleh lebih dari 55% dari 10.000 website yang paling sering dikunjungi dan menjadi library javascript yang paling populer sekarang. Jquery digunakan untuk memperindah tampilan website, jquery memungkinkan kita untuk menambahkan efek - efek yang membuat website kita luarbiasa seperti efek transisi, toggle, animasi, show and hide dan masih banyak lagi. Kemudahan jquery semakin bertambah karena banyaknya plugin - plugin jquery yang bertebaran di internet secara gratis dan tinggal "ditempelkan" pada website teman - teman sekalian tanpa perlu "ngoding".

Mulai menggunakan jquery

Sebelum dapat menggunakan jquery pada website yang kita bangun, pertama - tama kita harus mendownload file jquery agar dapat di koneksikan pada website kita. Pada halaman download jquery tersebut terdapat beberapa link yang bisa kita download, tetapi kita hanya perlu download satu versi jquery yaitu versi production. Versi production diperuntukkan untuk pengguna seperti web developer, terdapat juga versi development yang diperuntukkan kepada programmer yang akan mengembangkan jquery tersebut.

tutorial dasar jquery

Jika teman - teman menggunakan google chrome maka otomatis file akan terdownload di komputer teman - teman, tetapi jika menggunakan mozilla firefox, setelah klik link diatas maka akan terbuka tab baru yang berisikan kode - kode, kemudian teman - teman tekan ctrl + s untuk save kode tersebut ke folder tempat file website yang teman - teman simpan.

Mengkoneksikan file jquery

Ketika file sudah terdownload maka langkah selanjutnya adalah mengkoneksikan file tersebut ke file index website kita, mengkoneksikannya dengan menggunakan tag dibawah.
<script src="jquery.js" type="text/javascript"></script>

Letakkan tag tersebut diantara tag head. Pada atribut "src" diletakkan lokasi file jquery, pastikan file jquery diletakkan didalam folder website teman - teman. Ada satu cara lagi untuk mengkoneksikan jquery yaitu dengan menggunakan CDN (content delivery network). Dengan menggunakan CDN anda tidak perlu lagi mendownload jquery seperti diatas, karena jquery akan secara otomatis di load dari CDN.
Note : anda harus terkoneksi ke internet jika ingin menggunakan CDN.

<script src="https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.11.3/jquery.min.js"></script>

Untuk penggunaan jquery lebih lanjut akan dijelaskan pada tutorial dasar jquery bagian 2, semoga tutorial dasar jquery sederhana ini dapat bermanfaat bagi teman - teman sekalian.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »